Objek Wisata Budaya

 

Objek Wisata Jenis Wisata Lokasi Kecamatan Desa Jarak (KM) Keterangan
Desa Budaya Dokan Desa Budaya & Penelitian Merek Dokan 26 Operasional

Desa Budaya Dokan terletak di antara jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Simalungun. Desa ini memiliki 7 Rumah Adat Tradisional Karo berusia lebih dari 100 tahun dan tinggal 6 rumah yang masih tetap dihuni oleh masyarakat desa tersebut. Dokan memiliki atmosfir yang menyenangkan karena tidak terlalu banyak yang mengunjunginya. Di desa ini juga masih terdapat satu unit lesung yang pada masa lalu digunakan oleh masyarakat untuk menumbuk padi secara manual. Di sekitar desa ini anda juga dapat menikmati agro wisata milik masyarakat, khususnya  perkebunan jeruk. Dengan Aksaesibilitas yang cukup baik, desa ini dapat ditempuh dengan menggunakan bus ukuran besar dengan jarak ± 23 km dari Kota Berastagi.

 

Free Joomla Lightbox Gallery

 

Objek Wisata Jenis Wisata Lokasi Kecamatan Desa Jarak (KM) Keterangan
Desa Budaya Lingga Desa Budaya & Penelitian Simpang Empat Lingga 13 Operasional

Desa Budaya Lingga merupakan salah satu desa budaya tertua di Kabupaten Karo yang hingga saat ini masih memiliki Rumah Adat Tradisional Karo yang berusia lebih dari 250 tahun yang dikenal dengan nama Rumah Siwaluh Jabu dihuni oleh 8 Kepala Keluarga yang hidup berdampingan dalam keadaan damai dan tentram. Bahan bangunan rumah tradisional ini terbuat dari kayu bulat, papan, bambu dan beratap ijuk tanpa menggunakan paku yang dikerjakan oleh tenaga arsitektur masa lalu. Desa ini terletak di Kecamatan Simpang Empat yang berjarak sekitar 15 Km dari Kota Berastagi dengan tingkat aksesibilitas yang baik sehingga dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum dan juga kendaraan bus pariwisata. Di desa ini anda dapat mengunjungi Museum Karo Lingga yang mengoleksi berbagai benda-benda peninggalan masa lalu berupa Peralatan Rumah Tangga, Alat Pertanian dan Alat Musik Tradisional Karo.

 

Free Joomla Lightbox Gallery

 

Desa Sempa Jaya (Peceren) merupakan sebuah desa kecil di pinggiran Kota Berastagi yang didiami kira-kira 700 keluarga berjarak ± 2 Km dari Kota Berastagi. Desa ini memiliki beberapa Rumah Adat Tradisional Karo dan ada yang masih digunakan sebagai tempat tinggal sampai dengan saat ini dan rumah tertua kira-kira berumur 120 tahun. Kita dapat mengunjungi dan melihat bagaimana warga yang hidup di dalamnya. Untuk mencapai Peceren dengan aksesibilitas yang baik dari Kota Berastagi kita dapat menggunakan sarana transportasi lokal tujuan Medan ataupun dengan berjalan kaki.

 

Free Joomla Lightbox Gallery